Modifikasi Ban Mobil Dengan Whitewall

Kalau ngomongin soal modifikasi mobil banyak banget yang bisa dilakuin, tapi buntut-buntutnya pasti terkendala dengan budget yang tersedia. Salah satu bentuk modifikasi yang paling gampang dan murah kalau menurut saya adalah dengan pemasangan Whitewall atau White Sidewall (WSW).

Chazzy13-Whitewall-Modifikasi-Ban-Mobil---Ban
Whitewall atau dikenal juga dengan White Sidewall (WSW)

Buat yang pengen tau lebih banyak soal whitewall dan sejarah pertama kali munculnya, bisa langsung baca-baca aja di wikipedia biar lebih jelasnya. 😀

Untuk list ban whitewall ini dipasaran ada 3 macam kalau berdasarkan merk dan ketebalan bahan karetnya. Berikut perbedaan untuk masing-masing jenis whitewall berdasarkan merk-nya:

  1. sparco: Memiliki ketebalan paling tipis diantara 3 jenis whitewall dan range harga juga paling murah, mulai 200rb – 250rb, tergantung ukuran velg.
Chazzy13 Whitewall - sparco
Whitewall merk sparco (image: google)
  1. A T L A S: Lebih tebal dari pada Sparco dan lebih tahan lama, range harga mulai 250rb – 270rb. Tapi hati-hati kalau mau beli yang merk ATLAS, karena banyak yang jual tiruannya dengan harga dibawah 250rb. Cara bedainnya gampang, yang asli penulisan logo A T L A S font nya besar dan berjarak, sedangkan yang palsu logo ATLAS nya bantet dan berdekatan.
Chazzy13 Whitewall - A T L A S - Asli
Whitewall ATLAS yang asli, logo lebih besar dan lebih jelas (image: google)
Chazzy13 Whitewall - ATLAS - Palsu
Whitewall ATLAS palsu, logo nya lebih kecil, bantet dan berdekatan (image: google)
  1. CMI (Coast Metric Inc.): Bahan paling tebal dan paling bagus diantara 2 merk lainnya. Harganya? tentunya paling mahal, mulai dari 370rb – 400rb.
Chazzy13 Whitewall - CMI
Whitewall merk CMI Coast Metric Inc. (image: google)

Nah, kalau saya sendiri makenya yang ATLAS palsu, kenapa? karena saya nya kurang teliti ketika membeli dan tergiur harganya yang murah banget (cuman Rp.212,500). Tapi setelah dipasang gak nyesel-nyesel amat kok, toh ini juga beli iseng sekalian coba-coba aja. Nanti kalau udah ganti velg baru dengan ukuran yang lebih besar, baru deh beli whitewall yang bagusan kualitas nya…hehehehehe… :p

Chazzy13-Whitewall-Modifikasi-Ban-Mobil---Side-View
Penampakan whitewall pada Daihatsu Xenia 2015 – Retro Look

Buat yang mau coba pasang dan bingung belinya dimana, bisa langsung cek di Kaskus atau Tokopedia buat nyari barangnya. Search aja “white wall” atau “whitewall” di kolom search, nanti keluar banyak tuh seller-seller nya.

Untuk pemasangan whitewall ini, saya cari bengkel ban yang punya alat/ mesin buat nyopot velg. JANGAN coba-coba masang ditukang tambel ban atau toko ban yang gak pakai mesin, kecuali udah gak sayang lagi sama velg nya x(. Pilihan saya jatoh ke toko/ bengkel ban Tyre Speed Shop punya nya ACHILLES, kebetulan juga deket rumah bengkel nya.

Pemasangan whitewalls di keempat ban Daihatsu Xenia dikenakan biaya jasa bongkar pasang ban sebesar Rp.25,000 per ban, sudah termasuk isi nitrogen. 😀

Jadi total modifikasi kecil-kecilan tapi lumayan nambah ganteng tunggangan adalah:

  1. Whitewall ATLAS  = Rp.212,500
  2. Ongkos pasang      = Rp.100,000 +

TOTAL = Rp.312,500 

Chazzy13-Whitewall-Modifikasi-Ban-Mobil---Bengkel-Toko-Ban-Achilles-Speed-Tyre-Shop
Whitewall terpasang dengan rapih dan cepat di bengkel nya Speed Tyre Shop

Lumayan murah kan? Buat yang mau coba pasang, langsung aja dicoba, hasilnya lumayan bikin tampilan mobil kalian jadi Retro Look. Selamat mencoba! 🙂

 

Let’s get social:

Facebook: Chazzy13 MotoBlog | chandra.purnayuda

Twitter: chazzy13blog | purnayuda

Instagram: chazzy13

2 thoughts on “Modifikasi Ban Mobil Dengan Whitewall

    1. Untuk pemasangan yang ini selama hapir 2 tahun (2016-2017) pemakaiannya baik2 aja bro, gak ada pengaruh sama sekali ke kaki2. Paling kalau whitewall nya sudah retak2 harus ganti baru, soalnya jadi keliatan jelek.

      Nah pas pasang yang kedua kali tahun 2019 awal, ban nya jadi bunyi kriyet2 gitu kalau lagi jalan (mungkin karena karet whitewall nya bergesekan dengan ban), beda bengkel juga pas masangnya (harusnya sih gak ngaruh). Jadinya pas yang kedua ini cuman pasang 6-7 bulan, habis itu saya copot karena suaranya rada ganggu (malui2in) mahahahaha 😀

      Like

Leave a comment