Kali ini saya mau nulis sesuatu diluar dari roda dua, sekedar sharing pengalaman aja soal belanja di online shop yang sekarang udah mulai bermunculan. Tulisan kali ini lebih berupa curhatan dan kekecewaan pengalaman berbelanja online di Blibli.com dan merchant mereka MaxCellular.
Jadi ceritanya tanggal 9 Juli 2015 kemarin saya membeli sebuah Macbook Pro MD101ID/A dari website Blibli.com, sebelumnya saya juga sudah membeli 2 buah Macbook Pro dengan spek yang sama 7 Juli 2015 buat temen saya. Dari awal pembelian pun sebenernya udah bermasalah:
- Harusnya saya dapet harga promo Kamis Ganteng sekitar 11jt-an, tapi pas saya bayar saya kena harga normal Rp.13,588,000.
- Pas saya komplain cuman bisa retur dan diganti dengan voucher (bukan cash) dengan nominal yang sama dan harus dipakai dalam jangka waktu 1 bulan sejak voucher diterima. Dalam hati saya mikir, niy si Blibli.com udah gila apa ya, gw dikasih voucher dengan nominal 13jt-an dan cuman di kasih tenggat waktu 1 bulan buat makenya!
Akhirnya dengan terpaksa saya bayar aja dengan harga normal dan menunggu barang sampai, daripada dibalikin pakai voucher dan nantinya malah gak kepakai.
Begitu barang sampai, karena nih Macbook Pro saya belinya pake kesel dan merasa rugi, saya gak langsung buka tuh barang, saya simpen aja ter-packing dengan rapih sambil saya pasang iklan buat dijual lagi.
Setelah hampir 3 bulan, tepatnya tanggal 22 September 2015, akhirnya ada yang mau beli Macbook Pro, janjian deh saya di Citos buat COD-an. Nyampe di Starbucks ketemuan sama calon buyer, akhirnya kita deal untuk sama2 nge-check barang, karena kondisi barang waktu itu masih ter-packing bubble wrap dan lakban coklat.
Setelah packing dibuka betapa kaget dan nge-drop pas ngeliat ternyata kardus Macbook nya cuman kardus putih polos dan kotor tidak seperti kardus Macbook Pro pada umumnya. Saya sudah 2 kali pake Macbook Pro, dan baru kali ini ngeliat kardus nya kotor dan belel kayak gini. Setelah diperiksa ternyata Macbook Pro yang saya beli dari Blibli.com adalah barang refurbish, alhasil transaksi pun batal dan saya pulang dengan penuh kecewa dan meresa ditipu oleh Blibli.com.
Sesampainya dikantor saya langsung melayangkan komplain ke Customer Care Blibli.com melalui email customer.care@blibli.com. Sebenernya sih saya tau nih duit gak bakal balik, karena secara regulasi batas penukaran barang adalah 15 hari sejak barang diterima atau 15 Juli 2015.
Tapi alasan kenapa saya gak langsung nge-cek barangnya waktu Macbook Pro nya dianter ke kantor adalah, beberapa hari sebelumnya saya beli 2 buah Apple Macbook Pro dengan tipe dan model yang sama di Blibli.com, dan keduanya baik-baik saja dan kondisinya masih baru ketika dibuka dari packaging nya, jadi berdasarkan pengalaman tersebut saya percaya 100% sama Blibli.com, makanya barang gak langsung saya buka pas sampe. Ternyata saya salah besar sudah menaruh kepercayaan dan ekspektasi yang begitu besar ke Blibli.com.
Setelah komplen melalui email dan twitter, akhirnya komplen saya ditanggapi, mulai dari penolakan, sampai disuruh ngehubungin merchant nya sendiri, sampai akhirnya ditolak lagi. Kesimpulannya adalah, saya gak dapet pengembalian uang atas kasus ini, dan saya harus ngerelain duit 13,5jt dari hasil nabung buat beli Macbook Pro “BEKAS” dari Blibli.com, yang seharusnya dengan duit segitu bisa beli Macbook Pro baru ditoko.
Lanjut ke Part-2
ya ampun gan
nyesel gak gooling dulu tentang merchant ini
saya terlanjur pesan iphone 7 plus red dan baru aja saya ajukan pengembalian barang karena feeling saya gak enak
rencana mau ganti merchant lain dengan harga yang lebih murah
semoga pengajuan saya tidak di tolak
kalo d tolak barang di balikin atau di beri voucher aja gan?
makasih infonya yang sangat membantu
LikeLike
Halo sis, semoga baik2 saja orderannya. Klo blibli sih style refund nya biasanya dibalikin pakai voucher kalau dari pengalaman saya, jadi biar mereka gak rugi dan customer dipaksa buat belanja di e-commerce mereka. Masih mending Lazada, dulu saya retur PS4 dana dibalikin lagi ke kartu kredit.
Sedikit tips kalau beli barang online, pastikan untuk mendokumentasikan pas barang diterima & dibuka, jadi bikin semacam video unboxing, sehingga kalau ternyata barang yang dikirim rusak/ tidak sesuai deskripsi, kita punya bukti yang kuat untuk mengajukan retur.
LikeLike
saya udah pernah beli elektronik d blibli itu ipad gan dan memang keterangannya sudah pernah aktif
kalo lazada gak berani elektronik gan karena kurang meyakinkan memang untuk pembelian elektronik kalo selain elektronik saya udah terlalu sering beli lazada dan memang mudah cara refundnya bisa di transfer balik atau masuk di kartu kredit, lagian kalo beli d hari senin ato rabu ada tambahan diskon pula.hehehhe
oke gan ntar kalo aku beli lagi mau aku coba video unboxingnya kalo ada apa2 di kemudian hari
lagian kalo elektronik itu resiko duit melayang gan kalo misal beli mahal2 nyatanya bermasalah
makasih ya gan infonya dan pengalamannya yang udah mau di bagiin
LikeLike