Penipuan Online Shop Blibli.com dan MaxCellular – Jual Macbook Pro Bekas / Refurbish – Bagian 1

Kali ini saya mau nulis sesuatu diluar dari roda dua, sekedar sharing pengalaman aja soal belanja di online shop yang sekarang udah mulai bermunculan. Tulisan kali ini lebih berupa curhatan dan kekecewaan pengalaman berbelanja online di Blibli.com dan merchant mereka MaxCellular.

Hati-hati belanja di Blibli.com, terutama kalau seller nya Max Cellular!
Hati-hati belanja di Blibli.com, terutama kalau merchant nya MaxCellular!

Jadi ceritanya tanggal 9 Juli 2015 kemarin saya membeli sebuah Macbook Pro MD101ID/A dari website Blibli.com, sebelumnya saya juga sudah membeli 2 buah Macbook Pro dengan spek yang sama 7 Juli 2015 buat temen saya. Dari awal pembelian pun sebenernya udah bermasalah:

  1. Harusnya saya dapet harga promo Kamis Ganteng sekitar 11jt-an, tapi pas saya bayar saya kena harga normal Rp.13,588,000.
  2. Pas saya komplain cuman bisa retur dan diganti dengan voucher (bukan cash) dengan nominal yang sama dan harus dipakai dalam jangka waktu 1 bulan sejak voucher diterima. Dalam hati saya mikir, niy si Blibli.com udah gila apa ya, gw dikasih voucher dengan nominal 13jt-an dan cuman di kasih tenggat waktu 1 bulan buat makenya!
Pembelian kedua Macbook Pro (No. Pesanan: 3049717)
Pembelian pertama Macbook Pro (No. Pesanan: 3049717)
Pembelian pertama Macbook Pro (No. Pesanan: 4410439)
Pembelian kedua Macbook Pro (No. Pesanan: 4410439)
Pembelian ketiga Macbook Pro (No. Pesanan: 4529215) - Ternyata barang REFURBISH!
Pembelian ketiga Macbook Pro (No. Pesanan: 4529215) – Ternyata barang REFURBISH!

Akhirnya dengan terpaksa saya bayar aja dengan harga normal dan menunggu barang sampai, daripada dibalikin pakai voucher dan nantinya malah gak kepakai.

Begitu barang sampai, karena nih Macbook Pro saya belinya pake kesel dan merasa rugi, saya gak langsung buka tuh barang, saya simpen aja ter-packing dengan rapih sambil saya pasang iklan buat dijual lagi.

Penampakan packing si Macbook Pro Refurbish
Penampakan packing si Macbook Pro Refurbish

Setelah hampir 3 bulan, tepatnya tanggal 22 September 2015, akhirnya ada yang mau beli Macbook Pro, janjian deh saya di Citos buat COD-an. Nyampe di Starbucks ketemuan sama calon buyer, akhirnya kita deal untuk sama2 nge-check barang, karena kondisi barang waktu itu masih ter-packing bubble wrap dan lakban coklat.

Kondisi paket Macbook Pro ketika baru dibuka
Kondisi paket Macbook Pro ketika baru dibuka
Penampakan packing setelah dibuka
Penampakan packing setelah dibuka

Setelah packing dibuka betapa kaget dan nge-drop pas ngeliat ternyata kardus Macbook nya cuman kardus putih polos dan kotor tidak seperti kardus Macbook Pro pada umumnya. Saya sudah 2 kali pake Macbook Pro, dan baru kali ini ngeliat kardus nya kotor dan belel kayak gini. Setelah diperiksa ternyata Macbook Pro yang saya beli dari Blibli.com adalah barang refurbish, alhasil transaksi pun batal dan saya pulang dengan penuh kecewa dan meresa ditipu oleh Blibli.com.

Katanya si Blibli.com ini Apple Macbook Pro ASLI...menurut ente?
Katanya si Blibli.com ini Apple Macbook Pro ASLI…menurut ente?

Sesampainya dikantor saya langsung melayangkan komplain ke Customer Care Blibli.com melalui email customer.care@blibli.com. Sebenernya sih saya tau nih duit gak bakal balik, karena secara regulasi batas penukaran barang adalah 15 hari sejak barang diterima atau 15 Juli 2015.

Masa konsumen disuruh ngurus sendiri untuk proses retur >:(
Masa konsumen disuruh ngurus sendiri untuk proses retur 😡

Tapi alasan kenapa saya gak langsung nge-cek barangnya waktu Macbook Pro nya dianter ke kantor adalah, beberapa hari sebelumnya saya beli 2 buah Apple Macbook Pro dengan tipe dan model yang sama di Blibli.com, dan keduanya baik-baik saja dan kondisinya masih baru ketika dibuka dari packaging nya, jadi berdasarkan pengalaman tersebut saya percaya 100% sama Blibli.com, makanya barang gak langsung saya buka pas sampe. Ternyata saya salah besar sudah menaruh kepercayaan dan ekspektasi yang begitu besar ke Blibli.com.

Ini buktinya kalo Macbook Pro yang dijual di Blibli.com adalah barang REFURBISH alias BEKAS!
Ini buktinya kalo Macbook Pro yang dijual di Blibli.com adalah barang REFURBISH alias BEKAS!

Setelah komplen melalui email dan twitter, akhirnya komplen saya ditanggapi, mulai dari penolakan, sampai disuruh ngehubungin merchant nya sendiri, sampai akhirnya ditolak lagi. Kesimpulannya adalah, saya gak dapet pengembalian uang atas kasus ini, dan saya harus ngerelain duit 13,5jt dari hasil nabung buat beli Macbook Pro “BEKAS” dari Blibli.com, yang seharusnya dengan duit segitu bisa beli Macbook Pro baru ditoko.

Balasan email dari Customer Care Blibli.com
Balasan email dari Customer Care Blibli.com

Lanjut ke Part-2

6 thoughts on “Penipuan Online Shop Blibli.com dan MaxCellular – Jual Macbook Pro Bekas / Refurbish – Bagian 1

  1. ya ampun gan
    nyesel gak gooling dulu tentang merchant ini
    saya terlanjur pesan iphone 7 plus red dan baru aja saya ajukan pengembalian barang karena feeling saya gak enak
    rencana mau ganti merchant lain dengan harga yang lebih murah
    semoga pengajuan saya tidak di tolak
    kalo d tolak barang di balikin atau di beri voucher aja gan?
    makasih infonya yang sangat membantu

    Like

    1. Halo sis, semoga baik2 saja orderannya. Klo blibli sih style refund nya biasanya dibalikin pakai voucher kalau dari pengalaman saya, jadi biar mereka gak rugi dan customer dipaksa buat belanja di e-commerce mereka. Masih mending Lazada, dulu saya retur PS4 dana dibalikin lagi ke kartu kredit.

      Sedikit tips kalau beli barang online, pastikan untuk mendokumentasikan pas barang diterima & dibuka, jadi bikin semacam video unboxing, sehingga kalau ternyata barang yang dikirim rusak/ tidak sesuai deskripsi, kita punya bukti yang kuat untuk mengajukan retur.

      Like

      1. saya udah pernah beli elektronik d blibli itu ipad gan dan memang keterangannya sudah pernah aktif
        kalo lazada gak berani elektronik gan karena kurang meyakinkan memang untuk pembelian elektronik kalo selain elektronik saya udah terlalu sering beli lazada dan memang mudah cara refundnya bisa di transfer balik atau masuk di kartu kredit, lagian kalo beli d hari senin ato rabu ada tambahan diskon pula.hehehhe
        oke gan ntar kalo aku beli lagi mau aku coba video unboxingnya kalo ada apa2 di kemudian hari
        lagian kalo elektronik itu resiko duit melayang gan kalo misal beli mahal2 nyatanya bermasalah
        makasih ya gan infonya dan pengalamannya yang udah mau di bagiin

        Like

Leave a comment