Teeza Ariaputra

A tribute to my best friend Teeza Ariaputra

Instruktur Pilot Teeza Ariaputra
In loving memory of Teeza Ariaputra

Hari ini ane kehilangan seorang sahabat, seorang brother, seorang biker, dan juga seorang pilot. Dia adalah Teeza Ariaputra, seorang Instruktur Pilot di STPI, Curug yang menjadi korban karna kelalaian pihak pengelola bandara dan pengendara motor yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin bagi ente-ente skalian yang pernah mendengar kejadiannya atau mengikuti beritanya tau apa yang ane tulis disini. Kejadiannya banyak ditulis di media online dan cetak serta diliput oleh beberapa media tv mengenai musibah kecelakaan Pesawat Tabrak Motor.

Sebagai seorang biker ane bener-bener merasa berang sekaligus sedih atas kejadian ini, ane harus kehilangan seorang sahabat sejati hanya karna ada pengendara motor yang begitu malas nya memutari bandara demi memotong jarak dan memutuskan melintasi landasan pacu/ runway.

Pada saat kejadian Senin pagi 19-April-2010 jam 08.30, Teeza sedang latih terbang bersama salah satu Taruna STPI. Teeza sedang melatih taruna nya melakukan engine failure simulation ketika sebuah motor melintas di tengah landasan pacu dan mengkibatkan sayap kiri pesawat latih tipe Tobago 10 (TB-10) menghantam motor hingga pesawatnya terpelanting berkali-kali sebelum akhirnya berhenti. Pengendara motor dan boncenger nya langsung meninggal di lokasi kejadian sedangkan Teeza & taruna nya dilarikan ke RS. Siloam Karawaci, Tangerang dalam keadaan kritis.

kondisi pesawat pasca tabrakan

Bangkai Pesawat yang menabrak Motor

Bangkai Pesawat yang menabrak Motor

Pada hari pertama, Teeza mengalami operasi di bagian kepala, tangan kanan & kaki kanannya. Operasi berjalan selama kurang lebih 11 jam. Banyak pembuluh darahnya yang pecah, tulang tangan, rusuk dan kaki kanannya patah, serta mengalami gegar otak berat. Ane sempat menengok almarhum setelah operasi dilakukan dan kondisinya sangat memprihatinkan.

Pada hari kedua, dokter dan keluarga memutuskan untuk melakukan operasi amputasi pada kaki kanannya, karena jika tidak kaki kanannya dapat menyebabkan infeksi ke organ dalam lainnya. Setelah menjalani operasi amputasi kondisi Teeza semakin memburuk, almarhum harus dibantu dengan alat bantu pernafasan dan jantung karena kondisi paru-paru dan jantungnya melemah.

Pada hari ketiga, almarhum dijadwalkan untuk melakukan operasi pada bagian dada nya untuk memperbaiki fungsi paru-paru dan jantungnya. Namun karena kondisinya yang semakin kritis akhirnya dokter memutuskan untuk menunda operasi tersebut sampai kondisinya membaik.

Pada hari keempat, kondisi Teeza masih juga belum membaik, dukungan moril dari teman-teman dan keluarga Teeza terus mengalir melalui account facebook nya dan jengukan langsung ke RS. Siloam tempat almarhum dirawat diruang ICU.

Pada hari kelima, tepatnya 23-April-2010 jam 9.30 pagi, ane mendapat telephone dari salah satu teman ane yang juga sahabat dekat almarhum yang mengabarkan bahwa almarhum Teeza Ariaputra sudah dipanggil oleh Allah SWT. kepangkuannya pada pukul 9.10 pagi. Kabar yang sangat tidak terduga dan sangat tidak ingin didengar oleh semua yang mengenal almarhum.

Teeza Ariaputra

Dirumah duka almarhum, seluruh keluarga, sanak  saudara, teman dan guru-guru Teeza sewaktu sekolah datang melayat untuk memanjatkan doa agar seluruh amal ibadah almarhum dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan supaya keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan menghadapi musibah ini. Sempat diadakan upacara serah terima jenazah oleh pihak STPI ke pihak keluarga sesaat sebelum jenazah di sholat kan bersama di mesjid didekat rumahnya. Setelah di mandikan dan di sholat kan, jenazah almarhum dibawa dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada pukul 4 sore tadi.

Jenazah Alm. Teeza Ariaputra Alm. Teeza Ariaputra

Almarhum berumur 27 tahun ketika dipanggi ke pangkuan-Nya, seharusnya sabtu ini (24-04-2010) Teeza dijadwalkan berangkat ke Malaysia untuk memulai karirnya di maskapai penerbangan internasional sebagai seorang Co-Pilot. Sebuah langkah awal untuk menggapai mimpinya menjadi seorang Captain Pilot seperti ayah nya tercinta.

Teeza Ariaputra

Fly Teeza Ariaputra…fly as high as you want too beside HIM, and the memories of you shall live inside the heart of everyone that loves and cares for you.

Teeza Ariaputra
“I’m a low rider and a high flyer” – Teeza Aria Putra

Farewell Ghost Rider,’till we meet again someday, on a basketball court up high in heaven…

November 14th, 1982 – April 23rd, 2010

R.I.P.

Chandra & Teeza
Chaz & Tez @Linkin Park Concert
Old School Player
Ki-Ka : Chandra, Bimo, Galuh & Teeza
Teeza & Chandra
The Dynamic Duo – Ghost Rider & Chazzy13

Sumber Photo Pesawat: Antara News, Liputan 6, Metro News

Sumber Video : Indosiar

32 thoughts on “A tribute to my best friend Teeza Ariaputra

  1. Ane sebenernya bukan tipe orang yang bisa ngungkapin perasaan melalui ucapan, oleh sebab itu melalui blog ini ane mencoba ngungkapin apa yang ane rasain ketika ditinggalin oleh sahabat ane Alm. Teeza Ariaputra.

    Begitu banyak yang ingin ane ungkapin tapi susah untuk ditulis melalui blog ini. Ane mohon maaf klo ada kesalahan tulisan maupun detail2 lainnya, tolong di betulin aja klo ada yang salah dari tulisan di atas.

    – Semper-Fi Dude! –

    Like

  2. Turut berduka cita atas meninggalnya Teeza Ariaputra…
    terharu bacanya… Teeza memang orang yang baik… pasti begitu banyak yang kehilangan beliau…
    semoga sekarang beliau berada di tempat terindah dan ternyaman…🙂

    Like

  3. Bro….tulisan lo indah bgt…gw td siang dah “ketemu” sama Teeza….best thing ttg “rumah” barunya….ada nenek gw di sana g jauh dari “blok rumah”-nya…gw masih dalam tahap “denial” untuk nrima ini smua sob…

    Like

  4. Mungkin gw ga kenal dgn org ini..
    Tp rasanyaaa perih bgt liat org yg punya potensiii besarrrr..tp harus spt ini hanya gara2 org2 yg ga ngerti arti disiplinnn dalam hidup..
    Seorang Teeza ariaputra mungkin udh ga ada.. Tp cita2nya sbg seorang pilot..ga akan matii..

    Untuk yg ditinggalkannn..smoga ikhlasss dan sabar menghadapi cobaan ini..

    Teeza ariaputra sudah bahagiaa disana.. ‎​اَللّهُ menjagaa kok.. ‎​آمِّينَ..

    Like

    1. Terima kasih ya Kiki atas doa nya…

      Gw juga heran, kenapa masih aja orang ga ngerti arti disiplin, udah tau itu landasan pacu dan ada larangan untuk masuk, masih juga brani2nya masuk😡 Nyawa orang lain jadi taruhannya gara2 kebodohan si pengendara motor. Maaf klo gw sedikit emosi, gw ikhlas melepaskan Teeza, tapi gw masih kesel sama kluarga pengendara motor, bener2 ga ada pengawasan dan pendidikan.

      Like

      1. iyaaa,,, sama2…:)

        gw jugaa rada marahh dan kesel sama ketidak disiplinn yg terjadi..tp pengendara motornya juga udh meninggal saat itu juga kan.. kita mau marah atau kesel juga ga ada gunanya.. yg pasti kita doakan semua yg ditinggalkan…tezza maupun sipengendara motor..
        mudah2an ini semua jd pelajaran buat pengendara apapun .. sekecil apapun aturan yg dibuat harus dipatuhi, tingkatkan rasa disiplin.. karena kesalahan terkecil pun konsekuensinya bisa membahayakan org lain bahkan nyawa seseorang..mudah2an ga ada lagi tezza tezza yg lain diluar sanaa.. aminnn

        buat Tezzaaa..yg tenang yah disanaaaa…:)

        buat temennya tezza yg spesial nulis blog ini : tezza pasti seneng bgt temennya perhatian dan care sama dia..mungkin ini hanya sebuah blog, tp buat gw ini hadiaah yg paling indah dimana lo amat sangat menghargai persahabatan yg ada…

        -kiki-

        Like

  5. waktu gw ama loe cuma sebentar, tapi gw susah bgt ngelupain loe dari ingatan gw….
    kita jumatan bareng, kuliah bareng, main PS, hang out, basket,ke bandung, bilyard, semuanya bareng loe… otak loe yg cerdas dan pemikiran loe yg tinggi yg gw suka… susah gw nyari tmen diskusi yg bisa nyambung dengan pemikiran gw… mungkin cuma ada 5 sampai saat ini, termasuk loe salah satunya…

    ALLAH pilih hari jumat karena ALLAH sayang sama loe, semua tmen gw yg baik pasti umurnya tidak panjang….

    fly….fly…. as high as you can…..fly to nine clouds/ nirvana…and smile to us brother…( gatotputra )

    Being a PILOT was a mistake…As destiny define us to be part of the land……But the mistake make us proud because not everyone can do that ( teeza ariaputra )

    Like

  6. Jujur,gw speechless sob pas denger brita duka ini,,
    Kita sama2 sejak SD,SMP,SMA,dan main bsket pun masih bareng..
    Gw ikhlas bgt elo pergi sob,tp sm ky bapet,gw msh dlm tahap denial..
    Gw ga sangka tmn gw dr kecil akan pergi scepat ini..
    Ga keruan perasaan gw,,sedih krn sahabat gw pergi,dan marah krn hal ini
    Disebabkan oleh kebodohan org yg gtw aturan..
    Tp Allah punya rencana lain sob bwt elo..
    Huuffhh,,mgkin gw ga smpet blg hal ini ke elo semasa lo idup,,but ur the best friend i ever had..
    Ur the best basketball player I’ve ever met,u are the real MVP!!
    And i do realy miss those gud times,,miss when we play basketball..
    Miss ur fart also,,hehe..yep!!
    Miss u my brother,,c u in our next life..

    Like

    1. yupp, that’s the Teeza that we know, His smelly fart ampe nempel ke tembok ga ilang2 baunya🙂
      Botak…’tak…kangen gw ma bcandaan loe, maen sikut2an dilapangan basket ampe nongkrong di kamar blakang ma anak2. It seems just yesterday kita masih makan di Mc’D dan maen basket di STC Senayan…to soon bro…to soon…

      Like

  7. Turut berduka cita ya… saya baru sekali bertemu dengan Alm. Teeza Ariaputra… pasti Alm. Teeza bangga punya sahabat seperti anda yg selalu mengenang dia dan punya moment-moment indah bersama dia…

    Like

    1. Terima kasih tinker…Alhamdulillah Alm.Teeza punya banyak teman yang perhatian sama dia, ga cuman saya saja, saya hanya salah satu dari sahabat yang kehilangan dirinya. He was a great man, and a great companion…

      Like

    1. Untuk seorang biker, Teeza memilih motor yang simple dan mudah dioprasikan, dia lebih memilih menggunakan Honda Beat daripada motor bebek atau motor sport.

      Dulu Alm. juga pernah mengalami kecelakaan motor ketika akan brangkat kerja, gara2nya ada pengendara motor (ABG, mungkin masih SMP atau SMA) yang tiba2 muncul di per-empatan tanpa menyalakan lampu siang dan menggunakan lampu sein. Kondisi body motornya hancur, tapi saat itu Almarhum masih dilindungi oleh Allah SWT.

      Kenapa orang tua membolehkan anak2nya yg masih bersekolah di bangku SMP atau SMA (dibawah <17 tahun) mengendarai motor, padahal jelas2 hal tersebut melanggar peraturan dan membahayakan nyawa pengguna jalan lainnya.

      Untuk Bro Mitra maupun pembaca blog yang lain, mari kita tumbuhkan kesadaran akan berlalu-lintas, jangan mau mati konyol hanya karna kebodohan orang lain.

      Like

  8. bro’ mhhhh… msh blm ilang dr ingatan gw siapa sosok sahabat yg satu ini. gw kenal dia dlm satu komunitas pecinta toyota starlet dan sering kita kumpul di jl. pati unus jum’at mlm. byk suka duka yg kita lalui dan terakhir ketemu pas kita kumpul utk gathering komunitas Starlet Indonesia dan ternyata terakhir pula gw ambil foto2 dia didepan starletnya termasuk yg dipajang di profile FB dan jg yg dipakai beberapa media. dia memang minta utk difoto krn dia bilang dia suka dgn hasil foto gw! tp apa mau dikata hr seninnya dpt kabar yg mengejutkan , sampai hr selasa kita rekan2 SI menunggu dia utk operasi amputasi, sampai akhirnya hr jum’at dpt kbr yg lbh mengejutkan krn dia dipanggil yg maha kuasa. dia memang sosok yg baik dan mobil starletnya adl salah satu yg punya mesin super dan tentunya bakal melegenda.

    semoga dia tenang dan diterima semua amal kebaikannya! so long brotha’!

    Like

    1. Iya bro…dia cinta banget ma starlet RB nya, or he used to call “Rumah Bordil”😛
      Mulai tuh mobil kondisi nya trondol ampe yang nabrak mobil polisi he always proud of his car, terutama waktu dia berhasil naik podium di Sentul.

      Dulu waktu dia di vonis harus diamputasi gw berpikir bagaimana dengan masa depannya, he was an active man, he played basketball, he drove car & he ride motorcycle. Tapi gw tetep berdoa yang penting Teeza sadar dulu dari koma nya dan bisa bergabung dengan kita lagi…

      Tapi kabar yg gw terima Jumat pagi benar2 berita yang tidak ingin gw denger, karna kita semua tau klo Teeza adalah orang yang kuat dan punya cita-cita yang besar. We never lost hope akan kesembuhan dia.

      Teeza…where ever you are, you’re always be with us, memories in our mind & love in our heart…

      Like

  9. Gw juga salah satu temen yang pernah deket banget ma dia…
    sama seperti halnya ma yg laen..Speechless saat hrs denger kabar yg ga seharusnya gw denger..Nangis,cuma itu yg bisa gw luapin saat itu,,trus inget masa-masa dulu saat lagi brg2 ma dia..
    pernah malem2 dtg kerumah gw (teeza dan artha) cuma pengen makan nasgor seafood deket rmh gw….
    trus pernah janjian ma gw di ‘PS’..gw pikir itu Plaza Semanggi..ternyata malah Plaza Senayan..yg ada wkt itu..dia marah ma gw,,lucu juga siy..tapi tetep aja kita ga pernah tahan untuk marahan lama….
    masih banyak banget yg ga bs gw lupain tentang dia…

    “…Waktu terasa semakin berlalu..tinggalkan cerita tentang kita, akan tiada lagi kini tawamu tuk hapuskan semua sepi dihati…
    …ada cerita tentang aku dan dia dan kita bersama saat dulu kala..ada cerita tentang masa yang indah saat kita berduka saat kita tertawa…
    teringat disaat kita tertawa bersama ceritakan semua tentang kita…”

    “…tapi ku tak sangka secepat ini harus berakhir kisah cinta kita..
    ku akan selalu mencintaimu walau kita tak mungkin bersama meski berat melepasmu tapi kamu akan selalu dihatiku selamanya…..”

    Teeza..takkan pernah habis kata-kata untuk dirangkai tentang kamu…
    Semoga ‘rumahmu’ yg baru indah dan nyaman..selalu ada cahaya yg menerangi rumahmu.. amin.

    Kita semua kehilangan Kamu…Kita semua sayang kamu…Kita selalu berdoa untuk kamu..Semoga Allah menerima amal ibadahmu..amin

    Like

    1. tulisannya sangat menyentuh…ternyata memang banyak yang sayang ma Teeza, dan banyak yang kehilangan dia. Gw juga cuma bisa berdoa dan mengenang dia sebagai seorang sahabat dan meng-ikhlas kan kepergian nya.

      Like

  10. Gue temen SD, SMP… baru ketemu kmrn. Really like your blog. And.. speechless dengar berita nya. Insya Allah Tezaa akan senantiasa aman, nyaman dan tentram di rumah Allah. Amin

    Like

    1. Thank you…kita sebagai teman dan sahabat dari Teeza, hanya bisa mengenang dan mendoakan agar segala amal dan ibadah nya bisa diterima dan agar Alm. diberi ketenangan dan ketentraman di rumah barunya di sisi Allah SWT. Amin…

      Like

  11. chan.. cuma mau sharing dikit
    sabtu 8 mei 10 ( 3 minggu setelah teeza meninggal ) gw mimpi ketemu dia….
    gw ngobrol dengan dia…
    gatot : account loe di FB penuh trus tuh….
    teeza : ( senyum….)
    gatot : koq loe ngga bales seeh?
    teeza : ( senyum saja….)
    gatot : gw minta pin FB loe dunk, biar gw bisa tutup account loe..
    teeza : biarin aja… biar gw bisa baca postingan tmen2 gw
    gatot : keluarga loe dan tmen2 loe udah ihklas semua tuh…
    teeza : iya gw tau…
    gatot : koq loe tau? tau dari mana?
    teeza : tvone
    gatot : loe seneng disana?
    teeza : ( Senyum lagi…)

    dia juga tau kalo tmen2 semua perduli dan sayang sama dia…..

    lalu gw bangun dari mimpi gw, trus gw lihat FB dia, ternyata masih ada…..
    ””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””
    ”””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””

    tadi mlm ( 17 mei 10 )gw mimpi dia lagi
    gw kerumah dia, trus masuk kekamar dia yg di atas…tapi kamar dia kosong melompong…. hanya ada pintu dan jendela….didepan kamar dia ada romo…..
    ”””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””
    ”””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””

    sorry chan, gw numpang nulis disini…

    Like

    1. Gw ampe bingung mo comment apa, temen gw juga ada yang pernah cerita dia didatengin Teeza lewat mimpi sekitar seminggu setelah kejadian naas itu. Gw ga tau apa dia udah tenang di rumah barunya ato ngga, mungkin Teeza masih ada hal yang belum selesai but then again gw ga tau apa2, kita doa’in aja supaya Teeza tenang dirumah barunya dan melanjutkan takdirnya.

      Like

  12. 2mg yg lalu gw basket di STC,dan lap. Basket bener2 beda tanpa lo tay..😦
    Gw slalu inget main sm lo.. Realy miss u my brother🙂

    Like

  13. maaf numpang nulis..gw ga pernah knal sama teeza..tp baca blog ini&smua komen dr org2 yg sayang sama teeza, bikin gw ngrasa kl gw knal sama teeza..dia org yg baik yaa..insyaAllah dia udah dijaga disana..dan udah ada Allah yg sayangin dia..utk smua yg ditinggalakn, smoga diberi ketabahan yaa..dan byk doa aja kita kasi utk teeza..krn cuma itu yg bisa kt lakuin..untuk chazzy13, u’re such a good friend..🙂

    Like

    1. Hi Icha, thanks ya dah sempet2in baca dan nulis comment di blog ini. Walaupun ga kenal tapi doa’ nya sangat berarti buat gw dan teman2 terutama buat Alm. Teeza. God Bless U🙂

      Like

  14. He is a nice and funny person,he has been a really great and lovely brother (walaupun bukan abang kandung)..Teeza emang selalu perhatian sama temen2nya,slalu bikin temen2nya ketawa, that’s why banyak yg kehilangan..tp alhamdulillah banyak yang doain..

    kadang masih suka ga percaya klo tza udh ga ada..disaat sejengkal lagi dia akan menggapai cita2nya😦
    tp yang bikin lega, pernah suatu hari mimpi ktm tza, gw lsg nanya hal yg pgn bgt gw dan gw rasa kita semua pgn tau:
    Bang, kamu udh tenang and bahagia kah skrg?
    Tza: iya de’..aku udh ngerasa tenang skrg dan bahagia banget kok.. Dan dia senyuum..
    alhamdulillah..walaupun gw ga tau mimpi itu beneran ato ga..

    Mdh2an memang begitu adanya..
    Thanks to chazzy13, nice blog🙂

    Like

  15. Semoga arwahnya dtrima disisiNya amin.aq sempet denger kabar tentang kecelakaan teeza cz kakak,suami n adeq semua alumni stpi.aq menyayangkan knp semua ini hrs terjadi n aq berharap teeza adlh korban terakhir.Teeza…..we will pray 4 u!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s