Givi Wingrack

Givi Wingrack terpasang dengan sukses

Setelah kemaren berhasil memboyong sebuah Givi Wingrack dari Motoritz, saatnya memasang ke mongtor ane. Ternyata eh ternyata tidak semudah dan semurah yang ane bayangkan, karena setelah browsing kesana-kemari dan banyak bertanya munculah beberapa fakta mengenai pemasangan Wingrack ke mongtor semplakan ane. Karena hanya dengan bisa membeli Wingrack aja tuh bukan brarti motor ente bisa langsung keliatan keren dan gagah, karna Wingrack yang udah ente beli itu ngga bisa langsung nemplok-plok dengan seenaknya di motor, masih banyak PR yang harus dikerjain, “Berikut liputannya!” (meniru gaya Silet…huehehehe) :

Givi Wingrack
Givi Wingrack 2 on Pulsar 180 DTS-i

1. Memperkuat rangka Pulsar dengan tambahan plat besi -> Karna sudah banyak kejadian dimana pemilik Pulsar (khususnya varian 180 DTS-i) yang chassis/ rangkanya patah karna overweight gara2 box yang overload. Karna pada dasarnya motor kondisi standar itu tidak di persiapkan untuk membawa beban tambahan berupa box beserta isinya yang bisa mencapai bobot >10Kg (asumsi memakai 3 box @3Kg + bracket/ rack).

Penguat Rangka Pulsar
2 Buah Plat Tambahan Terpasang

Solusi : Tambahkan plat besi setebal 5mm atau lebih pada 3 titik rangka Pulsar, klo yang di motor ane cuman dua, soalnya kemaren2 lupa klo mestinya bikin 3. Lebih bagus lagi klo make pipa tubular (next project niy borr, tunggu liputannya ya).

Plat Besi Atas
Plat Besi Bagian Atas
Plat Besi
Plat Besi Bagian Tengah

Notes : Btw JANGAN ngikutin yang punya ane ya! Itu salah masang, soalnya plat yang bagian atas mentok sama jok, makanya ane mo ganti sama pipa tubular. Untuk ongkos pasang + plat besi ane kena 25 ribu, sebenernya siy bisa ditawar cuman lagi males aja.

Plat Besi
Salah Peletakan Plat Besi
Pangkas Jok Pulsar
Dipangkas 1cm – 2cm, paket kunci pas & obeng masih bisa masuk

2. Membuat dudukan + plat untuk Wingrack -> Untuk yang satu ini jangan maen2 deh, jangan kira hanya dengan membuat dudukan plat besi setebal 5mm trus di bengkokin dan plek ‘n play antara motor sama Wingrack trus problem solved. Karna dari yang udah pernah kejadian, ketika motor jatoh/ tabrakan Wingrack yang sudah ente pasang dengan dudukan plat besi seadanya itu bisa patah dan alhasil ente cuman bisa meringis ngeliatin Wingrack yang patah.

Dudukan Wingrack Pulsar
Plat besi 5mm untuk mounting ke Pulsar
Plat besi 5mm dudukan Wingrack
Ngintip penampakan dari kolong

Solusi : Membuat plat besi yang menutupi seluruh bagian dalam Wingrack, jadi weight distribution & stress yang diterima oleh Wingrack bisa terbagi dengan rata dan tidak terkonsentrasi pada dudukan baut aja. Jadi klo misalkan ente lagi apes trus ketabrak & jatoh, tuh Wingrack ngga bakal patah tapi cuman bengkok doang plat pegangannya. Ini dia bagian yang lumayan menguras kantong, ongkos pengerjaan dan pasang kena 500rb aje gitu loh! Tapi dari pada nyesel kedepannya mending cari aman deh. Waktu pengerjaan yang dibutuhkan sekitar 1 minggu, dengan detail pengerjaan : 4 hari untuk pengukuran, pemotongan & pengelasan, dan 3 hari untuk pengepasan dudukan, pengecatan & pemasangan akhir. Jadi tuh motor ane taro di bengkel pagi, sorenya ane ambil lagi gitu terus selama 3 hari terakhir dan untuk Wingrack nya sendiri nginep di bengkel selama 1 minggu full, soalnya klo dibawa pulang bengkel ngga bisa ngukur buat motong plat besinya.

Plat besi Wingrack Pulsar
Plat besi bagian dalem Wingrack
Plat besi Wingrack Pulsar
Plat besi 3mm menutupi bagian dalam Wingrack

Ntar ane tambahin lagi deh foto2 yang Wingrack nya pas ane copot, biar bagian dalemnya bisa keliatan lebih jelas. Soalnya ini fresh from the bengkel langsung ane foto, jadi belum sempet di bongkar.

34 thoughts on “Givi Wingrack terpasang dengan sukses

  1. woowww bro, repot jg ya pemasangannya. ane jg rencana mo pasang wingrack di thundie ane, tp bakalan repot jg kayanya.. hmmm.. jd bingung…

    Like

    1. Yah gitu deh, ane juga baru berasa ribetnya skarang, kirain beli dah terima beres. Malahan untuk motor selain Pulsar, katanya untuk lampu sein belakangnya ga kuat make bohlam bawaan Wingrack, nyalanya redup, jadi kudu make lampu bohlam ori sein motor. Itu katanya orang bengkel tempat ane bikin plat dudukan loh. Ane sendiri siy belum pernah baca di forum2 atau blog.

      Sama ane saranin mendingan jangan make Wingrack lokal, banyak masalahnya, rugi deh, pasti dijamin bakalan nyesel, mendingan beli yang ori Givi, makenya juga lebih bangga.

      Klo misalkan bro haidar emang lagi mo “blanja2x” besok niy hari terakhir (5 Maret 2010), Motoritz mo Great Sale, diskonnya makin gila-gilaan. Ane klo ga bokek gara2 blanja Wingrack ma box mo blanja lagi deh.

      Like

      1. klo sein wingrack itu makan daya bgt ya? trus aki yg di pake pulsar brp Ampere? klo ke motoritz, kayanya ga mungkin de soalnya ane d bandung..😀 hehehe.. lagi pula msh perlu nabung untuk beli wingracknya + pasang.

        btw total keseluruhan untuk beli wingrack+pasang abis brp bro?

        Like

        1. Bohlam sein Wingrack klo ga salah 20watt, trus aki pulsar make yang 9 amper deh (CMIIW).

          Karna ane belinya pas diskon jadi ngangkat Wingrack nya lumayan murah, untuk plat dudukan besinya lumayan mahal, cuman dijamin kuat deh. Berikut detail itung2annya :

          Wingrack = 1,9jt
          Plat dudukan Wingrack + Pasang = 500rb
          Plat besi rangka = 25rb (salah masang) hiks2x
          Total = 2,425jt

          Ini sebenarnya masih kurang pemasangan pipa tubular untuk memperkuat rangka Pulsar. Klo masangnya barengan pas bikin plat dudukan, kena tambahan 150rb, tapi klo nge-las nya terpisah, kena 200rb. Soalnya ongkos kerjanya ga sekalian.

          Ditunggu aja bro, biasanya pertengahan tahun kan ada pameran tuh, PRJ, Otomotif Tumplek-blek, biasanya Givi diskon lagi.

          Like

          1. klo ampere aki,b’arti da sama ama thundie ane,thundie ane skr dipasang aki 9A.. hehehe.. semoga ga ada masalah..😀

            iya emang enaknya pas lg ada event biar dpt diskon.. skr saatnya nabung + bikin list belanjaan.. hehehehehhe

            btw thx infonya bro…

            Like

        2. Okay, no problem bro…

          Btw motoritz diskon nya diperpanjang tuh, sampe 13-Maret-2010.
          Sepatu Givi turun harga, dari 600rb turun jadi cuman 325rb -> wajib beli!
          *Kompor mode ON

          Like

          1. klo sepatu kemaren baru beli RVR Escape 300rb..😀

            klo skr beli wingrack, kayanya ga mungkin soalnya dananya lom kekumpul kecuali ada yg mo minjemin dlu.. ane sih ngincer di tumplek belk aja de, katanya tgl 8-9 mei 2010..

            Like

          2. Sepatu nya enak ga bro? Ane juga penasaran siy ma barangnya, apalagi yg Stalker. Iya nabung aja dulu bro, ane juga nungguin Wingrack udah 1 tahun lebih baru kebeli, nunggu harganya murah…xixixixxiiii. (Secara dulu harganya diatas 3jt)

            Like

  2. RVR enak juga bro, buatan lokal ga kalah dengan buatan luar negeri… ga tembus air lagi. klo stalker ane sih kurang sreg soalnya ribet klo mo dipake ke kantor.. hehehehe… tp emang modelnya mantapssss…..

    Like

    1. Salam toet2 juga bro…

      Klo untuk Wingrack lokal yang itu ane gak tau deh kualitasnya, secara barangnya baru kluar, jadi yang make blum banyak (review). Sekilas siy emang mirip banget ma aslinya, cuman jangan keburu nafsu bro. Sayang duitnya, mending klo skarang2 lagi ada duit lebih baik beli yang Givi asli aja, lagi diskon koq di Motoritz, harganya dari 2,3jt turun jadi cuman 1,9jt!

      Daripada beli yang lokal. contoh :
      WR Lokal = 800rb
      Sein WR Givi Asli = 600rb
      Total = 1,4jt

      Lagi pula kan orang beli Wingrack tujuannya gak cuman buat fungsi, tapi juga buat gaya dan gengsi. Buat apa ngeluarin duit 1,4jt buat sesuatu yang sifatnya maksa dan ga jelas, mending beli yang asli cuman 1,9jt, make nya juga ga malu-maluin. Pokoknya beda deh klo make Givi.

      Klo untuk soal masang fitting kit/ plat dudukan WR, ane dapet bengkel rekomendasi dari suhu2 yang udah duluan make WR, jadi udah pasti jaminan mutu, emang siy mahal dan sedikit ngerepotin, tapi yang penting kualitasnya terjamin.

      Mungkin klo di lapak yg jual WR lokal ada photo2 fitting kit yang udah kepasang di WR dan ke Pulsar, ngebandinginnya bisa lebih enak. But yang namanya bengkel buat bikin plat dudukan siy dimana2 banyak, tinggal terserah ente milih yang mana. IMHO…

      Like

  3. Coba maen2 ke Motoritz aja bro, refreshing aja jadi biar tau yang asli nya kaya gimana, trus skalian ngebandingin sama buatan lokal. Daripada ntar nyesel…

    Like

  4. bro.. ane dah pasang.. recommended tempatnya di daerah pekayon, cuma kena 250rb smua motor, klub2 sering pasang disana (bengkel las setia Jaya), udah biasa masang wingrack dari dulu..

    Like

    1. heish…mantabh bro, ada pic nya gak? ane mo liat2 hasil bikinannya niy, siapa tau klo emang bagus bisa ane rekomendasiin ke biker lain yang mau pasang.

      Like

  5. perasaan ane masang di pulsar 180 yg udah hampir kaya 200 ane, ngga seruwet and selama itu brur, dan cuman ngabishin duit ngelas gocap udah plus buat dudukan wekekekekeke….kuat lagi ampe sekarang, wekekekekek…plat bikin cuman 1 jam, pulang masang ndiri di gubuk ane, plek…plek..plek…..wuuuuuiiiiiiiihhhh…macho, sekarang masalahnya mau gaya di mane ni yak…wekekekekk

    Like

    1. Ane bikinnya di bengkel rekomendasi anak2 Bro Biker, jadi emang mahal & lama. Lagi pula bengkel nya deket ma kantor ane jadinya ya jalanin aja lah. Abisan daripada jauh2 ke Depok or Bekasi. Cuman emang siy harganya bikin kantong bolong😦

      Like

  6. salam kenal bro..

    wah, kebetulan ane lg ngebet banget sama wi WINGRACk, setelah baca sedikit testimoni jadi mikir2 juga😀
    mungkin sebaiknya masang breket yg standar aja yah.
    hmm,..

    sebenernya juga lebih seneng tampilannya aja sih😀

    nais info bro..

    *ditunggu kabar selanjutnya🙂

    salamanieshangat & jabaterat
    fajr
    P180 Ranger
    The Lost Wolf

    Like

    1. Salam kenal bro Fajr,

      Yah gitu deh bro…klo beli Wingrack masih ada PR nya lagi, kudu beli fitting kit gitu😦
      Tapi make HR4 juga dah ganteng koq bro motornya, apalagi klo box nya make Maxia 3…huehehehee😛 (duit lagi…duit lagi…)

      Like

    1. Siang bro…btw mas bro mongtornya apa dulu nih, trus posisi dimana? klo misalkan mongtornya Pulsar bisa langsung ke MJ di Arteri Pondok Indah, klo misalkan Wingrack nya asli, bisa langsung ke Motoritz buat di pasangin.

      Klo mo beli fitting kit yang udah tinggal plek (khusus Pulsar), bisa langsung mesen ke Kucay, harganya dulu sekitar 350rb klo ga salah, lapaknya bisa di cek disini bro -> http://bit.ly/chazzy13-kucay

      Like

  7. wew,, ternyata oh ternyata,, ribet juga ya.. and expensive cost enough juga,,,
    nyanyi lagunya bruno mars aja deh…
    “I wanna be a billionaire so fricking bad
    Buy all of the things I never had”

    hehehehehe

    Like

    1. Bengkel nya di daerah Duren Tiga mas bro, namanya Bengkel Misbah di Jl.Veteran deket Kantor PLN Duren Tiga.

      Bisa koq pake Wingrack lokal, udah banyak juga yang masang disana, cuman untuk harga emang tergolong mahal sih klo masang di Misbah, tapi urusan presisi & kualitas hasil kerja, ane puas banget.

      Like

    1. Halo Bro Haviel,

      Tergantung motor dan beban yang akan diangkut sih bro, klo cuman make 1 box aja (top box), gak usah pake plat tambahan juga cukup kuat kok. Selain itu tergantung jenis motor nya juga, klo pulsar yang angkatan lama (UG3 kebawah) frame nya memang agak2 lentur dan gampang patah klo bawa beban berlebihan, tapi klo tiger kayanya cukup kuat, tapi klo matic atau bebek ane kurang tau, soalnya belum pernah denger kasus frame patah untuk 2 jenis motor tersebut.

      Like

  8. bro,, ane mau beli WR yang lokal buat beat ane,,, jadi ane harus k bengkel gt untk masangnya ya? klu mau pasang sendiri harus nyapin apa aja ya,, dan gimana? tolong bantuannya bro…

    Like

    1. Halo Bro Didi,

      kalau mo masang sendiri kudu sekalian beli fitting kit nya bro, tiap jenis motor beda2 plat besi pegangannya, ada beberapa seller yang menyediakan, tapi klo ngga ada harus mesen dibengkel las.

      Tapi klo dari testimoni beberapa bengkel dan temen ane, klo make yang Wingrack lokal suka gak presisi letak lubang bautnya, sama beberapa ada yang miring wingrack nya, tapi itu dulu sekitar 1 tahunan yang lalu, kurang tau klo produksi wingrack lokal yang sekarang kualitas nya kayak gimana.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s