Givi HPS 9 Helm Half Face

Givi HPS 9.0 Barang Reject???

Sebenernya lewat blog ane kali ini ane mo ngluarin unek-unek soal helm Givi. Kenapa dengan helm Givi? Emang apa yang salah dengan helm Givi??? Well..ini bermula ketika ane ngeliat promo yang cukup menggiurkan untuk sebuah helm Givi HPS 9.0 di website Motomart. Harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk sebuah helm keluaran Givi, hanya Rp.280,000. Setelah ane membrowsing & membandingkan harga untuk Givi HPS 9.0, ternyata memang lebih murah harga yang di Motomart.

Promo HPS 9.0 di Motomaret.com

Segeralah ane meluncur ke Motomart terdekat dari rumah ane, yaitu Showroom Radio Dalam, kebetulan ane tiap hari ngelewatin tuh toko. Setelah ngeliat daleman tuh toko sambil nyari-nyari helm idaman yang harganya murmer (murah meriah), akhirnya ane mutusin buat beli sebuah helm Givi HPS 9.0 & sebuah Givi TG09NR (Power Grip Black & Red).

Givi Power Grip TG09NR

Setelah jelas ane mau apa aja, dibawain deh tuh barangnya, untuk si handle grip nya ane minta sekalian dipasangin, soalnya ane lagi males masang-masang sendiri, toh ongkos pasangnya cuman Rp.5,000. Trus helm nya juga dibawain, karena stock di toko cuman ada warna hitam dan silver (yang merah lagi habis), dan size yang tersedia pun cuman size L, akhirnya ane minta yang warna silver aja.

Penampakan Samping Kiri
Penampakan Samping Kanan
Penampakan Depan
Penampakan Belakang

Untuk helm langsung deh tuh ane priksa detail-detailnya, jaitan, sambungan, lem2-annya, sampe lubang ventilasinya. Dan waktu ane priksa, ane juga udah nanya tuh ke mba’2x nya,

“klo misalkan nyampe dirumah tuh barang ada cacatnya bisa dituker ngga?”,

trus si mba’2x nya bilang, “ngga bisa mas!”

Busa Bagian Dalam
Locking System

Oh…yo wes deh, toh untuk brand / merk sekelas Givi ngga mungkin lah ya ngeluarin barang jelek. Jadi sebenernya inspeksi ane agak teralihkan karena sambil nanya2. Belum lagi tuh toko rada remang2, secara nyalain lampunya kayanya irit banget (emang siy waktu itu ane kesana jam 15.00WIB) jadi mungkin bagi mereka masih terang dan ngga butuh penerangan tambahan alias lampu. Jadinya ane ga bisa ngeliat terlalu jelas penampakan dari helm yang ane mo beli.

Jadi langsung dibungkus deh tuh helm, tapi yang agak mengecewakan adalah, masa untuk helm sekelas Givi beli helm ngga dapet sarungnya. Tuh barang cuman diplastikin trus dimasukin ke kardusnya. Kalah sama helm2 buatan lokal, walaupun murah atau tidak terkenal sekalipun, mereka masih ngasi sarung helm.

Hasil Belanja di Motomart Radio Dalam

Okay,  setelah handle grip terpasang ane langsung bayar tuh blanjaan ane, total blanjaan adalah Rp.365,000 dengan detail :

1. HPS 9.0 Silver = Rp.280,000

2. Power Grip TG09NR = Rp.80,000

3. Ongkos pasang = Rp.5,000

Handle grip dilihat dari depan
Hand grip tampak samping
Handle grip dari sisi pengendara
Handle grip sebelah kanan menyisakan ruang, ngga nutup penuh kaya grip bawaan pabrik

Sesampainya dirumah ane langsung deh ngeliat2 hasil blanjaan hari ini, senengnya beli helm ma handle grip dapet sticker Givi…xixiixixixiii.

Sticker Helm
Sticker Power Grip

Cuman betapa kecewanya ane pas ngeliat helm baru ane ternyata ada cacat bawaan pabrik. Sebenernya siy ngga seberapa, dan ngga ngaruh juga ke unsur safetynya. Cacatnya lebih ke unsur estetikanya, jadi logo Givi yang ada dibagian ventilasinya, catnya lecet-lecet gitu. Mana tuh barang ngga bisa dituker lagi, jadilah ane cemberut sejadi-jadinya. Udah berharap banyak, apalagi untuk merk sekelas Givi, tapi barang yang didapat malah barang reject, alias sisa impor…(tuh helm made in Malaysia dan hanya untuk diperjualbelikan diMalaysia).

Cacat Produksi

Sebenernya siy ane dari awal ngga mempermasalahkan tuh helm mo buatan Italy asli atau buatan Malaysia. Cuman yang ane sesalin siy, ane dah beli tuh barang di showroom resmi, tapi koq bisa-bisanya dapet barang reject alias cacat produksi, kan itu merugikan konsumen. Emang klo harganya murah brarti barang yang dijual barang cacat produksi??? klo mo gitu caranya mendingan jualan aja di emperan jalan atau mobil pick up. Ngga usah pake embel2 “Sole Distributor” atau “Showroom” klo barang yang dijual adalah barang reject, dah gitu ngga bisa dituker pula!!! Masa kalah sama toko2 helm yang biasa aja, ataupun yang jualan online (forum2 jual beli). Mereka berani jual tapi juga berani jaga kualitas. Kalau barang yang diterima kondisinya cacat masih bisa dituker. Bukannya beli putus trus konsumen dibiarin kecewa dan merasa ditipu.

Hanya untuk didistribusikan dan digunakan di Malaysia???

Anyway…ini cukup buat jadi pembelajaran bagi ane. Ngga peduli ente2 beli barangnya dimana, yang penting adalah kualitas dari barang itu sendiri  dan bagaimana si penjual mempertanggung-jawabkan & menjaga nama baik merk yang mereka pegang dan tentu saja kredibilitas mereka sebagai seller.

15 thoughts on “Givi HPS 9.0 Barang Reject???

  1. Ane juga beli bro helm HPS 9 nya , waktu itu katanya lagi promo harga 300 rb warna hitam di motomart BSD…cuman saya cek dulu semua dan langsung pake….jadi nemu yang lumayan / bagus…..mantep dah, untuk malem visornya enak ,engga silau(soale kl beli helm ini prioritas utama ane), helm lokal rata2 kurang enak di visornya. cmn masih ketar ketir kl ada razia helm…..soale kan enggak SNI emboss….gt…

    Like

    1. Klo make Givi mah nyante aja bro, kan masuknya sebelum peraturan SNI diberlakukan, jadinya masih fine2 aja dipake. Lagi pula kan masih blum jelas soal UU helm SNI, masa iya helm kaya Givi, Nolan & AGV yang harganya diatas 1 juta tingkat keselamatannya ga bisa tembus SNI, sedangkan helm SNI yg beredar di Indonesia rata2 harganya cuman puluhan sampai ratusan ribu rupiah. Jelas dong mana yang kualitasnya lebih bagus….

      Like

    1. Hahahaha….bisa aje nih bro Didik, tapi emang bener sih…klo ampe ada motor merk Givi ane pasti beli deh, wong ngeliat Ninja 250R sama Mio yang di cutting sticker pake brand Givi aja ane jadi naksir berat…he3x😀
      Abis pengen nge-stickerin Pulsar ane pake brand Givi tapi takut cupu hasil akhirnya, mending ditabung buat beli nyang lain dulu lah😦

      Like

  2. assalamualaikum..
    kebetulan, saya lagi ada niat beli helm. kayaknya hlm HPS 9 cocok. tapi di bandung yang saya tau hanya ada di king helmet yang jalan pungkur itu. o ya. cocok ga buat cewek ya?
    salam

    Like

    1. Waallaikumsalam…
      HPS 9.0 bagus kok buat dipake cewek atau cowok, ane punya 2 HPS 9.0 dan so far enak2 aja makenya, dengan harga lumayan murah sekitar Rp.280.000 untuk ukuran helm impor dengan merk GIVI tentu lebih terjamin dari pada beli helm lokal dengan harga yang sama.

      Di Jakarta lagi susah nih nyari HPS 9.0, katanya dari GIVI Malaysia ga mau ngirim lagi gara2 ada peraturan SNI. Ane mau dong alamat King Helmet, ntar klo lagi touring ke Bandung lagi biar mampir sekalian He3x🙂

      Like

  3. Halo bro Chazzy…..
    Walaupun saya tidak menjual produk GIVI, tapi ada baiknya saya memberikan sedikit informasi yg berkaitan dgn helm HPS 9.0 ini.
    1. Kebanyakan toko helm yg proper memang menerapkan “No exchange, no refund”. Jadi memang customer harus benar2 mengecek kondisi barang yg mau dibeli dan berhak untuk memilih dari stok yang ada. Istilahnya “What you see is what you get”. Apalagi kalau dalam kondisi “Obral/SALE/Discount”.
    2. Logo GIVI yang cacat itu bisa terjadi dari beberapa faktor (diluar cacat produksi). Yang saya lihat adalah terkelupasnya lapisan “plastic chrome”, bisa jadi dari faktor transportasi, suhu temperatur/kelembaban yg extreme, atau memang mengelupas sendiri (biasanya parts dipesan dari supplier lain yg sulit di kontrol kualitasnya).
    3. Mengenai packaging plastik, ini berkaitan dgn harga akhir dari helm tersebut. Ini berkaitan dengan rencana marketing & sales mereka. Tidak hanya Givi HPS 9.0 ini yang tidak menyertakan “sarung helm”, ada juga helm2 lain yg lebih mahal tapi tidak mendapatkan sarung.
    Misalnya : AGV New Bali (1jt-an), Nolan N62 & N63 (2jt-an).

    Semoga informasinya berguna🙂
    Kalau ada yg mau ditanyakan, silakan email ke : marketing@juraganhelm.com

    Like

    1. Wahh…ada juragannya helm🙂 Halo Bro Agus, terima kasih sebelumnya dah mampir ke blog ane, masukannya juga bagus banget, lumayan bisa buat nambah-nambah pengetahuan.

      Buat rekan-rekan bikers yang butuh helm, Mas Bro Agus dari juraganhelm.com ini recommended loh, ane dah sering beli via online untuk helm-helm nya, langsung dianter ke kantor, cepet gak pake repot. Klo Nolan N43 nya diskon kabarin ane ya bro😀

      Like

  4. Woah that weblog is excellent i love reading through your content regularly. Stay within the very good paintings! You now know, many individuals will be shopping around just for this data, you may aid these people greatly.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s